5 Trick Cara Cek Trend TikTok Para Creator Wajib Tahu, Auto FYP! - TeknoDate
5 Trick Cara Cek Trend TikTok Para Creator Wajib Tahu, Auto FYP!

5 Trick Cara Cek Trend TikTok Para Creator Wajib Tahu, Auto FYP!

    Bagi para peminat pembuatan konten TikTok, masuk FYP dan memiliki akumulasi view (penonton) dan likes yang banyak merupakan impian tersendiri. Tentunya tak semuanya bisa, karena selalu ada algoritma di setiap media sosial. Mengenal tren atau konten populer adalah salah satu bekalnya. Agar tidak ketinggalan FYP, simak dulu cara cek trend TikTok berikut.
 

5 Trik Melihat Trend Di Tiktok

1. Pakai Kotak Pencarian Di Tiktok
    Yang paling mudah sebenarnya menggunakan kotak pencarian atau search bar di aplikasi TikTok itu sendiri. Simpelnya, Anda hanya perlu masukkan kata kunci di dalam kolom pencarian. Agar hasilnya memberi informasi trending, masukkan kata kata ‘viral’ atau ‘trending’, nantinya akan muncul konten yang sedang populer. 

    Ada juga beberapa pilihan yang tersedia di bawah search bar TikTok. Sebut saja, Top, Video, suara, live, Tagar, dan pengguna. Anda hanya perlu pilih jenis konten apa yang ingin dicari. Hasil yang muncul akan berupa beberapa pilihan yang sedang popular dengan jumlah views. Agar informasi lebih banyak, tekan see more atau lebih banyak. 

2. Pakai In-App Tiktok Viral 
    Selain mencari dengan search bar, sebenarnya Anda juga bisa pakai in-app playlist atau aplikasi bawaan dari TikTok dengan nama TikTok Viral. App ini akan memberi hasil yang lebih rinci. Untuk cara cek trend TikTok pakai app ini, buka saja aplikasi TikTok kemudian klik tombol + (plus) di tengah bagian bawah layar utama (seperti akan upload atau buat video).

    Selanjutnya, Anda hanya perlu klik Add sound atau tambahkan suara yang ada di bagian atas layar. Nanti akan muncul list atau daftar suara yang bisa Anda gunakan. Agar sesuai tren, klik TikTok Viral di bagian bawah layar. Dari situ akan muncul banyak pilihan opsi populer lainnya. Anda bisa klik untuk preview, edit, atau simpan untuk nanti.  

3. Cek Trending Di Web Tiktok Creative Center 
    Untuk cara cek dari luar aplikasi, salah satu yang dianjurkan adalah datang ke halaman atau website TikTok Creative center. Di website ini, ada banyak informasi tentang beragam lagu yang paling populer sampai lagu yang sedang naik daun. Ada juga beberapa info tentang tagar favorit, kreator yang sedang ramai, sampai video Viral. 

    Agar hasilnya lebih terarah, coba cara cek trend TikTok dengan memilih negara, pilihan konten, dan waktu. Hasilnya akan memberi informasi tentang beberapa konten populer. Ada chart juga, sampai indikasi naik turunnya pamor bahkan analisa yang lebih lengkap tentang jumlah penonton dan lain sebagainya. 

4. Mampir Ke TokBoard 
    TokBoard juga salah satu website yang kasih informasi trending di TikTok. Informasinya biasanya masuk kategori Trending atau growing. Jadi hasilnya pun akan berubah dalam kurun waktu 24 jam. Jumlah hasilnya pun banyak, dan siap untuk dicek atau review sebelum dipakai untuk video. 

5. Coba Pakai Tagar #Trendalert
    Tagar #trendalert sebenarnya sudah menjadi rahasia umum tentang kategori konten populer di TikTok. Banyak sekali yang pakai tagar ini untuk ikut tren viral, atau sekedar menarik penonton. Menariknya, tagar ini juga cocok untuk cara cek trend TikTok. Hanya perlu masukkan di kolom pencarian, kemudian cek konten yang punya view tinggi. 

    Pamor TikTok memang masih belum padam. Bahkan, semakin lama semakin banyak yang bermunculan. Hal ini karena kreativitas penggunanya ditampung dengan baik. TikTok juga lebih mudah digunakan, jadi mudah menarik minat. Menariknya, TikTok pun sekarang menjadi salah satu media yang membantu banyak lagu, musik, hingga karakter viral.


Share with your friends